Solidaritas untuk Rakyat Palestina

Salam Kemanusian

Untuk kesekian kalinya, Israel melancarkan perang agresi ke wilayah negara tetangganya, Palestina. Kejahatan agresi (crime of aggression) dan pengeboman udara ke area pemukiman sipil adalah kejahatan perang (crime of war). Keduanya merupakan pelanggaran serius hukum humaniter maupun hukum internasional hak asasi manusia. Kejahatan tersebut merupakan yuridiksi dari International Criminal Court berdasarkan Statuta Roma tahun 1998.

Perjuangan masyarakat Indonesia untuk mempertahankan tanah-tanah pertaniannya, kawasan perkampungan dan desa dari aneksasi perusahaan transnasional melalui perluasan perkebunan, pertambangan, kehutanan dan kelautan adalah perjuangan pembaruan agraria. Demikian halnya dengan perjuangan rakyat Palestina, pada hakekatnya adalah perjuangan mempertahankan sumber-sumber agraria yang berupa tanah yang terdiri dari apa yang ada di atas dan yang terkandung di bawahnya dari aneksasi Israel.

Sikap kepala batu Israel yang tidak mengindahkan proses perdamaian Palestina-Israel, hukum internasional, dan resolusi PBB, jelas akibat posisi kuatnya yang didukung negara agresor Amerika Serikat sehingga Israel kebal terhadap sanksi internasional. Bagi Amerika, inilah ujian pertama bagi presiden Barrack Obama atas sikapnya terhadap perdamaian di Timur Tengah khususnya di Palestina, terhadap tata dunia baru dan terhadap dunia Islam.

Dengan kami ini menyatakan

– mengutuk perang kotor yang dilancarkan Israel terhadap rakyat Palestina

– menuntut segera ditariknya serdadu-serdadu Israel dari wilayah Palestina

– menuntut pertanggungjawaban Israel atas korban agresinya.

Mengingat mandat Pembukaan UUD 1945 “bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusian dan perikeadilan, ” serta salah satu tujuan pendirian negara Indonesia adalah dalam rangka”ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.” maka berbagai seruan solidaritas kepada rakyat Palestina oleh organisasi-organisasi masyarakat di Indonesia, selayaknya ditanggapi oleh pemerintah untuk disuarakan di level internasional. Selain itu pemerintah Indonesia, dan juga berbagai pemerintahan di dunia juga memiliki kewajiban internasional HAM – sebagaimana diatur dalam berbagai perjanjian internasional bidang HAM- guna melindungi penduduk sipil non combantant, terlebih anak-anak.

Selain karena mandat-mandat tersebut di atas, Pemerintah Indonesia juga sebagai negara pemrakarsa Konferensi Asia-Afrika (KAA) dan Gerakan Non Blok serta pengalaman Indonesia di Dewan HAM dan Dewan Keamanan PBB, seharusnya bisa melakukan tindakan yang lebih maju guna menciptakan perdamaian di Palestina. Pemerintah dapat berinisiatif mengusulkan pemberian sanksi tegas kepada Israel melalui peranannya di organisasi konferensi Islam (OKI), organisasi negara produsen minyak (OPEC), Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan memperluas solidaritas KAA menjadi KA3 (Konferensi Asia-Afrika- Amerika Latin) serta revitalisasi Gerakan Non Blok menjadi gerakan anti perang agresi yang mengatasnamakan perang terhadap teroris atau alasan lainnya. Dan yang lebih penting lagi adalah mendorong persatuan di antara faksi-faksi yang bertikai di Palestina khususnya antara FATAH dan HAMAS.

3 comments so far

  1. Adliana Chaniago on

    Salam…..

    Mudah-mudahan yang terjadi di palestina pada saat ini cepat berakhir, Semoga Saudara2 kita yang berada di Palentina selalu mendapat lindungan dari Allah SWT. Amin.
    (Salam Kenal Ya Bang Ray & Sukses selalu)

    Wassalam

  2. Mike on

    Just passing by.Btw, you website have great content!

    ______________________________
    Don’t pay for your electricity any longer…
    Instead, the power company will pay YOU!

  3. computer zone on

    smmoga ALLAH selalu melindungi mereka yang di palestin amin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: