Islah Cs Adukan Kelakuan Polisi Pada Komnas HAM

Rabu, 01 Maret 2006, 19:20:12 WIB

Laporan: Tedi Hikmah

 

Jakarta, Rakyat Merdeka. Insiden penangkapan dan kekerasan yang dilakukan oleh polisi usai demonstrasi oleh komponen sipil di Plasa 89, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam (28/2) membuat sejumlah LSM prihatin dan geram.

Rabu petang (1/3), sekitar 17 LSM mengadukan kelakuan polisi kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia di kantornya, Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat.

Salah seorang korban, M. Islah mengatakan dirinya tak mengerti mengapa polisi melakukan penangkapan.

“Saya tiba-tiba ditangkap oleh tiga polisi yang berpakaian sipil tanpa tahu sebab akibatnya. Saat ditanyakan apa apa alasannya, saya justru dipukul tiga kali,” ujar Islah ketika bertandang ke kantor Komnas HAM.

Islah menambahkan, dia sendiri baru tahu jika yang melakukan penangkapan itu polisi setelah dibawa ke Polda Metro Jaya. Setibanya di kantor Polda, dia langsung diperiksa sebagai saksi keributan di Plasa 89. Saat itu juga dilakukan pemberkasan alias Berita Acara Perkara (BAP).

Yang lebih merisaukan, demikian Islah, dalam pembuatan BAP itu terkesan menghalang-halangi saksi memeroleh pengacara. Islah baru didampingi pengacara setelah proses BAP sudah mencapai separuhnya. Proses BAP itu, kata aktivis Kontras ini, baru kelar pukul 23.00 WIB (Selasa, 28/2). Dia diperbolehkan pulang sejam kemudian.

Apa yang dialami Islah itu juga terjadi pada Wahyu. Aktivis LS ADI (Lingkar Studi Aksi untuk Demokrasi Indonesia) itu juga dipukul dan ditendang oleh polisi hingga celananya robek.

Kejadian sama menimpa enam orang lainnya, yakni Ridho (PBHI), Arie Ariyanto (PRD jakarta), Yudi (LMND), Pius (LS ADI), Abdul Karim (LS ADI) dan Agus Suparwono (Walhi). Mereka ditangkap oleh polisi berpakaian preman. Kemudian dibawa ke Polsek Setiabudi dan di-BAP di Polda Metro Jaya. sam

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: