Mahasiswa Demo Tolak AS Intervensi Kasus Buyat

Dian Intannia – detikcom

Jakarta – Sekitar 30 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat Jakarta berunjuk rasa di Mabes Polri menolak intervensi AS terhadap kasus pencemaran limbah di Teluk Buyat.

Aksi diikuti mahasiswa yang tergabung dalam Lingkar Studi Aksi untuk Demokrasi Indonesia (LS-ADI Jakarta), Komite Mahasiswa dan Pemuda Anti Kekerasan dan Himpunan Mahasiswa Tangerang, digelar di pintu masuk Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/9/2004).

Mahasiswa yang datang dengan mengendarai metromini langsung menggelar orasi dan membentangkan spanduk serta poster bertuliskan ‘AS-Newmont Perusak Lingkungan Musuh Rakyat’, ‘Lawan AS, Lawan PT Newmont, Lawan Neo Liberalisme’ dan ‘Tolak Intevensi AS dalam Kasus Newmont’.

“Apapun alasan Amerika untuk meminta Kapolri menangguhkan penahanan tersangka Newmont merupakan pelecehan hukum di Indonesia dan merupakan bentuk intervensi negara arogan yang mau menang sendiri,” kata Humas LS-ADI Munajab dalam orasinya.

“Seperti Senin (27/9/2004) kemarin, Dubes AS Ralph L Boyce mendatangi Mabes Polri dan meminta warga negaranya untuk ditangguhkan penahanannya,” lanjutnya.

Dalam pernyataan sikap mahasiswa menyoroti pertemuan Presiden Megawati dengan Boyce pada Senin (27/9/2004) menunjukkan intervensi dan ancaman bahwa penahanan warga AS akan berdampak pada iklim investasi di Indonsia.

“Negara arogan seperti AS, sudah selayaknya tidak bercokol di Indonesia. Puluhan perusahaan tambang asing di Indonesia hanya menginvestasikan limbahnya. Sedangkan, modal mengalir ke negara mereka. Kami menyatakan sikap menolak intervensi AS dalam pencemaran di Teluk Buyat dan tuntaskan kasus Buyat secepatnya,” ungkap Munajab.

Aksi damai ini dijaga puluhan aparat. Rencananya, mahasiswa akan menuju kantor Kedubes AS, Jakarta untuk menyampaikan tuntutan yang sama.(aan/)

Sumber

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: