Polisi Tangkap Demonstran yang Coret Gambar Presiden

Metro

Polisi Tangkap Demonstran yang Coret Gambar Presiden
19 Juni 2003

TEMPO Interaktif, Jakarta:Polisi menangkap Abdul Aziz (red: Abdul Ajid) dan Rian yang melakukan aksi teatrikal di depan kantor Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Jakarta, Kamis (19/6) siang. Keduanya juga membawa keranda dan poster bergambar Presiden Megawati dan Wakil Presiden Hamzah Haz.

“Mereka mencorat-coret gambar presiden dan wakil presiden,” ujar Wakil Kepala Polres Jakarta Pusat AKP Ricky F.Wakanno. Selain itu, ujar Ricky, alasan polisi melakukan penangkapan karena unjuk rasa yang dilakukan Lingkar Studi Aksi untuk Demokrasi Indonesia (LS-ADI) tidak melaporkan rencana aksi tersebut. Karena dua temannya ditahan, sekitar 35 anggota organisasi ikut solider dan ikut ke markas Polres Jakarta Pusat.

Penjelasan Ricky dibantah pengunjuk rasa. “Kami telah memberitahu sebelumnya,” ujar Wahidin, salah seorang peserta unjuk rasa. Aksi ini digelar untuk menentang kebijakan Operasi Terpadu di Aceh. Dalam pernyataan sikapnya, mereka menyerukan penyelesaian masalah Aceh dengan jalan damai. Selain itu, mereka mengutuk kekerasan oleh TNI dan Polri terhadap rakyat kecil.

Mereka mendesak pemerintah menghentikan operasi tersebut dan menarik TNI Polri dari Aceh. “Sudah 32 hari operasi dijalankan, dengan anggaran APBD Provinsi Aceh, namun hasilnya hanya menambah jumlah pengungsi di sana,” kata Sudarno, juru bicara LS-ADI. Mahasiswa semester delapan, Universitas Islam Nasional itu mengatakan, bahwa penerapan operasi terpadu bukan langkah yang tepat dalam penyelesaian konflik di Aceh. Peserta unjuk rasa kebanyakan mahasiswa UIN Jakarta.

(Indra Darmawan—Tempo News Room)

sumber

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: