Mengapa Harus Ada Perang (Lagi)?

Mengapa Harus Ada Perang (Lagi) ? 

Itu yang harus kita tanyakan kepada penguasa-penguasa dunia.  Tidakkah mereka berkaca pada peperangan masa lalu. Perang Dunia I dan Perang Dunia II menjadi saksi sejarah, bahwa apapun motifnya, perang selalu membawa kesengsaraan dan kehancuran manusia, bahkan hancurnya sebuah peradaban. Perang bukanlah satu-satunya jalan untuk menyelesaikan masalah. Karena dengan memulai peperangan, kita sama saja menarik pelatuk pistol dan mengarahkannya ke kepala kita sendiri.

Apakah mereka sudah tak punya mulut lagi untuk dialog? Atau memang mereka sudah tak sanggup berbicara akibat dari dendam dan kemarahan yang tak berujung pangkal? Haruskah tragedi kemanusiaan dibalas dengan cara kekerasan yang akhirnya melahirkan tragedi kekerasan yang baru? Lupakah mereka akan data-data kerugian akibat perang. Ratusan ribu orang kehilangan nyawa akibat peristiwa Pearl Harbour, ratusan juta nyawa melayang akibat bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki dan Hiroshima dan ratusan ribu orang terpisah dari keluarga dan sanak familinya akibat Perang Korea.

Adalah Amerika dan sekutunya, pada tanggal 7 Oktober lalu melakukan serangkaian serangan balasan terhadap Afganistan. Sejumlah tempat hancur, puluhan orang mati akibat serangan bom yang mengenaskan. Ini adalah awal dari hancurnya sebuah peradaban, ini adalah bukti matinya hati nurani, Tidak ada Hak Asasi Manusia lagi sekarang ini. Tidak ada lagi kedamaian di dunia ini. Oleh Karena itu dengan ini kami menyatakan sikap:

  1. Mengutuk serangan militer Amerika dan Inggris terhadap Afganistan pada tanggal 7 Oktober lalu
  2. Menolak dengan keras aksi peperangan apapun alasannya
  3. Meminta pemerintah
    Indonesia bersikap tegas terhadap tindakan Amerika Serikat

Rabu, 10 Oktober 2001

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: